Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajari Tentang Tanaman Beracun Umum Ini Di Hutan (Plus Tips Pertolongan Pertama!)

tanaman beracun

Berada di alam adalah salah satu hal terbaik yang ada. Melakukan pendakian sehari atau menghabiskan akhir pekan berkemah dapat memberikan banyak manfaat mental dan fisik. Tetapi seperti hal baik lainnya, menghabiskan waktu di hutan atau di pegunungan berarti Anda menghadapi bahaya tertentu. Salah satunya adalah tanaman beracun.

Penting untuk mengenali yang paling umum dan mempelajari pertolongan pertama dasar jika Anda menemukan salah satunya.

Berikut adalah beberapa tanaman beracun yang paling umum di hutan dan bagaimana Anda dapat mengobatinya ketika ada kontak:

Tanaman Beracun di Hutan

Poison Ivy

Semua orang tahu tentang poison ivy, karena ini adalah salah satu tanaman paling umum yang harus dihindari saat Anda berada di luar ruangan. Batang tanaman ini biasanya tumbuh menjadi 3 daun, sehingga cukup mudah dikenali. Tumbuh sebagai pohon anggur di beberapa bagian negara (Timur, Barat Tengah dan Selatan) tetapi tumbuh sebagai semak di bagian lain (Utara dan Barat).

Daun poison ivy mengandung urushiol, getah berminyak yang dapat menyebabkan kemerahan, gatal dan bengkak pada kulit.

Pohon ek beracun

Poison oak sering disalahartikan sebagai poison ivy. Daunnya sangat mirip, tetapi daun ek racun terlihat lebih mirip dengan daun pohon ek. Daun ek beracun memiliki bulu-bulu kecil di dalamnya dan juga mengandung urushiol. Tidak seperti reaksi alergi terhadap poison ivy, kulit seseorang dapat bereaksi terhadap daun poison oak berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah kontak.

Ruam dari ini pada akhirnya bisa berubah menjadi lepuh yang mengeluarkan cairan.

Sumac Racun

Tanaman ini cukup mudah dikenali karena setiap batang memiliki kelompok buah beri hijau yang terkulai, dan mengandung sekitar 7-13 daun. Mereka tumbuh sebagian besar di daerah basah dan berawa. Seperti dua tanaman pertama yang disebutkan di atas, daun sumac juga mengandung urushiol yang menyebabkan reaksi alergi.

Pertolongan pertama

Jika kulit Anda terkena salah satu tanaman ini, segera cuci area yang terkena dengan sabun dan air hangat. Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan segel dalam plastik. Untuk meredakan gatal dan kemerahan, gunakan kompres dingin setiap 30 menit. Anda juga bisa mengoleskan krim kortison atau calamine. Beberapa orang mengatakan mandi oatmeal sangat membantu. Minum antihistamin oral jika sulit tidur.

Segera cari bantuan medis jika orang tersebut mengalami kesulitan bernapas atau menelan, dan jika ruam menutupi sebagian besar tubuh.

Lain kali Anda berada di luar ruangan, hati-hati dengan tanaman beracun yang umum ini!

Posting Komentar untuk " Pelajari Tentang Tanaman Beracun Umum Ini Di Hutan (Plus Tips Pertolongan Pertama!)"